Pages

Monday, February 27, 2012

Laptop Care Tips

Eh tau gak lu klo laptop itu sensitif? 
Laptop merupakan barang elektronik yang sangat sensitif ketika bekerja dan tidak bekerja. Apa bila lu enggak benar dalam merawat laptop maka laptop lu akan sering mendapatkan ERROR. Pergi tempat service mahal dan belum tentu itu laptop bakal bener, if you know what i mean. Untuk menghindari hal tersebut dan pengeluaran uang yg gak terduga, gua punya beberapa tips nih :
  • Hati-hati kalau mau download software gratis di internet.
Software, contoh lainnya anti virus. Gunakan software yang lu dapetin dari paket laptop yang lu beli, atau minta oleh teman :). Resiko virus bisa merusak laptop lu jika lu sembarangan menggunakan software dari internet, mending minta temen gratis juga + terjamin lagi. Jika lu masih kekeh ingin menggunakan software download, pastiin anti virus lu tuh update dan di scan terlebih dahulu sebelum mendownload.
  • Jangan suka asal ngasih penutup or apapun bila laptop lu lagi aktif, karena dari pengalaman organg-orang prosesor laptop akan mati karena saking panasnya tuh laptop.

  • Menurut survei, kerusakan laptop yang paling umum terjadi pada harddisk dan LCD display / layar. Kerusakan harddisk disebabkan oleh jatuh or tabrakan. Kerusakan LCD biasanya karena terkena sinar matahari or biasa di utak atik tuh LCD, tau tau patah aja tuh :)

  • Susun tuh  kabel adaptor atau kabel lain yang terhubung ke laptop, biar gak ngeribetin orang lain *pengalaman

  • Selain merusak harddisk dan LCD, ketumpahan air dan semacamnya dapat menyebabkan kerusakan pada laptop yang paling umum, atau menggunakan selembar film transparan yang disebut 'keyboard protector' untuk melindungi.

  • Hindari getaran dan jaga laptop lu dari suara keras yang dapat menggetarkan, misalnya loudspeaker, mesin / kendaraan, vibrator dan sumber getaran lainnya.

  • Hindarkan laptop dari sinar x-ray di bandara.

  • Pastikan laptop lu bersih terus :), lap dengan kain bersih atau kapas yang bebas dari debu. klo perlu lu pake steam *sesat don't try this.

  • Lindungi modem laptop lu. Gunakan modem digital yang memiliki fitur penjaga-line. Karena fitur ini akan menjaga modem dari kerusakan jika secara tidak sengaja mencolokkan kabel modem ke jack telepon digital PABX atau jalur ISDN. Dan hati-hati ketika akan mencolokkan kabel telepon ke laptop karena kawat logam dalam konektor modem laptop sangat tipis dan mudah bengkok.

  • Di Asia iklim, suhu yang lembab bisa menjadi masalah besar untuk laptop yang dirancang di Amerika Serikat. Untuk mengurangi kemungkinan tersebut, pastikan laptop disimpan di tempat yang kering dan sejuk. Jika laptop tidak digunakan untuk waktu yang lama,lapisin silica gel. Gel silika seperti yang terkandung dalam botol obat, kemasan barang elektronik (kemasan kecil ditandai 'Silica Gel Dessicant'). Atau bisa dibeli di toko bahan kimia. Silika gel merupakan karakteristik kimia higroskopik (menyerap uap air / kelembaban).

  • Listrik padam dan gangguan tegangan dapat terjadi kapan saja, di rumah, di kamar hotel atau di kantor. Jika mungkin, gunakan 'surge-protector' jika lu menggunakan AC. Dan jangan lupa untuk membuat back-up data secara teratur.

  • Selalu gunakan tas laptop saat bepergian.

  • Jika lu ingin membungkus laptop untuk dikirim atau untuk keperluan lain, gunakan kotak pelindung yang kuat, dan bungkus dengan busa atau spons yang dapat menyerap getaran.

  • Jangan menempatkan benda berat di atas laptop.

  • Jika laptop bermasalah, jangan mencoba untuk membongkar sendiri. Harusserahkan ke ahlinya atau service-center terdekat. Karena mungkin kerusakan akan menjadi lebih berat. Khusus untuk laptop yang masih dalam garansi - membongkar laptop dapat merusak sticker garansi (segel garansi) yang masih melekat pada laptop.

  • Ketika akan mengangkat laptop terbuka, jangan mengangkatnya pada layar tampilan, angkat bagian bawah / keyboard

  • Jangan memasukkan disket Masukkan floppy disk dapat merusak setengah-disk-drive. Selanjutnya, pada saat membuka atau menutup CD-ROM/DVD-ROM untuk memasukkan atau mengeluarkan disk. Jangan menyentuh lensa pada tray CD-ROM. Tahan compact-disc pada tepi, bukan pada permukaan disk.

  • Jangan pasang laptop ke modem kabel PBX (private branch exchange) atau saluran telepon digital. Laptop hanya dapat menggunakan saluran PSTN (public-switched jaringan telepon). Penggunaan saluran telepon selain PSTN dapat merusak modem laptop.

  • Jaga baterai laptop, jangan sampai bocor karena dapat merusak slot baterai.

  • Jangan pindah-pindahkan laptop saat masih hidup. Laptop yang sedang hidup berarti hard drive juga didorong untuk bekerja sehingga  hard drive dapat menyebabkan kepala silinder tergores sehingga akan berakibat fatal.
  • Jauhkan laptop dari medan magnet yang kuat, bahan bakar cair dan sumber panas / dingin atau perubahan suhu yang ekstrim.

  • Hindari sinar matahari langsung dan pastikan laptop selalu diletakkan pada permukaan yang datar.

ok that's all, thank's for reading :)

4 comments:

  1. Weeh.. Tipsnye Lengkap tuh Mas.. MANTAAAFFF!!!
    Pake Laptop tu emang ringkas dan bisa dibawa kemana aja, tapi cara perawatanya itu lo yang harus extra jik tak ingin Laptop celaka!!!

    Hmmm... mending ngenet lewat warnet aja, lebih aman deh, gak kuatir rusak kan!!
    Hweheheee...

    ReplyDelete
  2. @bagibagiblog yap memang lebih baik di simpan itu laptopnya bila tak di pakai..

    lebih baik ke warnet saja :D

    ReplyDelete
  3. Sip thanks tips nya, kalo gua matiin laptop langsung tekan tombol power gpp kan ya?

    ReplyDelete